Senin

LEGENDA GATOT KACA


Wayang orang tokoh Gatotkaca-Pergiwa, diambil dari http://plixi.com/p/39995731


KISAH CINTA GATOTKACA-PERGIWA

Tersebutlah rencana pernikahan antara Gatotkaca dan Pergiwa putri Harjuna sudah menyebar ke mana mana. persiapan di Yodipati tempat Werkudoro ayah Gatotkaca sudah sangat lengkap. Rencananya pesta akan dilakukan di 3 tempat yaitu Madukoro, Yodipati dan Pringgondani. kabar tersebar ke Hastina, tempat kediaman para wangsa Kurawa. Disana pertemuan agung di gelar. hadir sesepuh kurawa prabu Duryodana, patih Sengkuni, Danyang Drona. mereka membahas tentang cara agar pandawa bisa dilenyapkan. Danyang Drona memberi usul memecah belah pandawa dengan mengawinkan Lasmana dengan Pergiwa mendahului Gatotkaca dengan harapan Werkudoro akan marah dan membunuh adiknya Arjuna. rencana lengkap di persiapkan.

Rombongan pelamar dan manten Hastinapura pun berangkat. lengkap dengan pasukan dan segala macam jenis umbul umbul kebesaran dan simbol pernikahan. Sesampainya di Madukoro Danyang Drona yang berbicara dan merayu Arjuna. Maka dengan segala tipu muslihat licik, akhirnya Arjuna tidak mampu menolak. Lamaran Hastinapura diterima. Lesmana segera bersanding dengan Pergiwa. kemudian utusan ke Yodipati dikirim untuk mengirimkan kabar bahwa lamaran Gatotkaca ditolak, sedangkan rombongan penganten Hastina dipersilahkan menginap di Madukoro.

Di Yodipati punakawan datang membawa kabar penolakan lamaran. Werkudoro yang tadinya tampak segar tiba tiba langsung diam dan tiduran di halaman kadipaten. dan dia berkata janagn diganggu. Sementara Gatotkaca tampak sangat kecewa, tapi dihibur oleh para Punakawan. dan Petruk berjanji akan berusaha mempertemukan cinta mereka berdua kembali. maka berangkatlah Gatotkaca ke Madukoro. Menyelinap bersama Petruk ke kaputren Madukoro tempat Pergiwa tinggal.

Petruk bertugas menjaga diluar. sementara Gatotkaca masuk ke dalam menemui Pergiwa. Pergiwa menyambut Gatotkaca.
Gatotkaca: apakah benar berita bahwa adi pergiwa akan menilah dengan kakang Lesmana?
Pergiwa: benar berita itu kakang Gatotkaca
Gatotkaca: apakah adi Pergiwa menerima lamaran dari kakang Lesmana?
Pergiwa: tentu saja kakang gatotkaca, saya menerima dan siap melayani kakang Lesmana sebagai suami.
Gatotkaca: kalau begitu aku ikut bahagia, sebagai hadiah terimalah jantungku (Gatotkaca menyabut keris)

Kemudian Gatotkaca ditomplok oleh Pergiwa, dipeluk erat.
Pergiwa mengaku bahwa dia cuma menguji kecintaan Gatotkaca. dan menyatakan bahwa dia menerima lamaran karena tidak enak dengan ayahnya. akhirnya Gatotkaca dan Pergiwa pun masuk kamar.

Di luar lesmana datang menyambangi Pergiwa calon istrinya. dihadang Petruk. dan terjadi perkelahian. Lesmana mengetahui Gatotkaca di dalam segera memamanggil para Kurawa menyerang istana kaputren. Gatotkaca mengalahkan semua pasukan kurawa termasuk danyang Drona.

Danyang Drona marah dan mengadu pada Harjuna bahwa Gatotkaca telah berbuat tak senonoh dengan Pergiwa. Arjuna marah dan segera menghadapi Gatotkaca. Arjuna mengeluarkan beberapa pusakanya sementara Gatotkaca takjim tak melawan sama sekali. Arjuna makin marah mengira diremehkan. Petruk sangat kuatir melihat keadaan ini. apalagi arjuna mengeluarkan cemeti kyai pamuk yg dihantamkan ke tubuh Gatotkaca berulang ulang.

Petruk lari ke Yodipati. dan membangunkan Werkudoro. tapi dibangunkan berulang ulang tak bangun. Petruk ingat kisah Kumbokarno yg bisa bangun ketika bulu kakinya dicabut. lalu bulu kaki Werkudoro dicabut. dan Werkudoro bangun. diceritakan anaknya sedang dihajar Arjuna. Werkudoro tenang saja sambil bilang, ah itu tugas Arjuna sebagai paman untuk mengajari Gatotkaca tentang kebenaran. Petruk jadi bingung, lalu dia bilang Gatotkaca bisa mati, Werkudoro bilang biar saja, tidak masalah.

Petruk tidak hilang akal menghadapi ketenangan Werkudoro. dia bilang kalau Harjuna mengumpat umpat dan menjelekkan Werkudoro ketika menyiksa Gatotkaca. langsung Werkudoro sangking marahnya segera berlari ke Madukoro. Petruk ditabrak sampai terjengkang. sampai Madukoro Werkudoro mengamuk dan menghajar Arjuna sejadi jadinya. Berganti Arjuna yang harus lari ke rombongan Ngamarta yg baru datang.

Untung dilerai kresna dan puntadewa. ahirnya dijelaskan mengapa Petruk melakukan kebohongan, semua demi Gatotkaca. dan ahirnya Werkudoro berdamai dengan Arjuna. Arjuna menyadari kesalahanya. Pergiwa ditanya apakah bersedia menikah dengan Gatotkaca. Pergiwa menerima. akhirnya Gatotkaca pun menikah dengan Pergiwa. rombongan Hastina dihajar Werkudoro dan balik dengan tangan hampa ke Hastinapura.

Catatan: versi diatas adalah versi pernikahan Gatotkaca tanpa menyertakan adegan Antasena cari Bapa. dlm versi lain diceritakan saat Gatotkaca di kaputren muncul Antasena yg mencari Werkudoro ayahnya. Petruk mengaku menjadi Werkudoro. dan akhirnya Antasena membantu Petruk sehingga semua jagoan Hastina kalah. bahkan Werkudoro dilawan dan kalah. akhirnya Antaredja yg menyadarkan adiknya itu bahwa yang sebenernya Werkudoro itu yang mana. Akhirnya bersamaan Gatotkaca menikah dan Antasena sujud kepada Werkudoro ayahnya.

Artikel ini diambil dari http://wayang.wordpress.com/2010/03/10/gatotkaca-nikah/.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

PESANGGRAHAN JAGAD WALI

Powered by www.panjimedia.com